Welcome to GKS

Gereja Kristen Sumba – The Christian Church in Sumba

  • Pengantar
  • Yayasan
  • Mitra
  • Tantangan
  • Jemaat
  • Kontak

Pengantar

Gereja Kristen Sumba (GKS) adalah lembaga gerejawi yang berkarya di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelayanan GKS meliputi empat Kabupaten yang ada di Sumba, yaitu: Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. GKS berdiri sendiri pada tanggal 15 Januari 1947 setelah melewati beberapa periode, yakni: periode perintisan (1881-1902), periode peletakan dasar (1902-1947) dan periode berdiri sendiri (1947). Gereja Kristen Sumba adalah hasil pekabaran Injil dari Zending GKN (Gereformeerde Kerken in Nederland) yang dmulai sejak tahun 1881. dalam perkembangan setelah berdiri sendiri, GKS mengalami berbagai dinamika dalam karya pelayanan di Sumba. Dinamika pelayanan tersebut mulai dari tahap mencari bentuk (1947-1972), tahap penyusunan rencana pendewasaan (1970-an), tahap pekabaran Injil dan berbenah diri (1980-1990) hingga mengalami pertumbuhan sampai sekarang ini. Sebagai gereja yang lahir hasil dari pekabaran Injil gereja dari Belanda (GKN) yang bercorak/azas Calvinis, maka GKS mewarisi corak/azas Calvinis. Dalam menjalankan Organisasi gerejawinya, GKS menerapkan sistim pemerintahan Prebiterial Sinodal dimana melalui sistim ini pada satu sisi memberi penekanan kepada Majelis Jemaat (Jemaat setempat) dan di sisi lain menekankan kebersamaan antar jemaat se-GKS melalui peran Sinode GKS.

Yayasan GKS

GKS sampai saat ini memiliki beberapa Yayasan yang melyani masyarakat Sumba secara umum antara lain:

Yayasan Persekolahan Masehi Sumba (YAPMAS)
yang menangani bidang pendidikan
 
Yayasan untuk Menyelenggarakan Rumah Sakit-Rumah Sakit Kristen di Sumba (YUMERKRIS)
yang menangani bidang kesehatan, dan
Yayasan Kuda Putih Sejahtera (YKPS)
yang menangani bidang pengembangan usaha produktif.

Yayasan-yayasan ini masih tetap berjalan dengan berbagai kesulitan dan keterbatasannya.

 

Mitra GKS

GKS membangun dan memelihara hubungan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam hal hubungan oikumenis maupun hubungan kemitraan.

Dalam hubungan kemitraan, GKS tergabung dalam beberapa lembaga/organisasi gereja yakni:

  • Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI),
  • Reformed Ecumenical Council (REC),
  • World Alliance of Reformed Churches (WARC),
  • Christian Conferece of Asia (CCA), dan
  • World Council of Churchrs (WCC).

Dalam hubungan kemitraan GKS bermitra dengan beberapa gereja seperti:

  • Gereformeerde Kereken in Nederland/GKN (yang kini bergabung menjadi Protestant Church in Nederland/PCN),
  • Reformed Churches in North America (RCNA),
  • Uniting Church of Australia (UCA),
  • Presbyterian Church in Ireland (PCI),
  • United Church of Christ (UCC),
  • dan Reformed Church of Australia (RCA).

Demikian pula GKS bekerja sama dengan pemerintah, khususnya pemerintah daerah di wilayah Sumba, dan juga bekerja sama dengan sejumlah sekolah teologi seperti: UKAW, UKSW, UKDW, STT Jakarta, STT Intim dan lainnya.

Tantangan GKS pada masa kini

Tantangan dan masalah GKS pelayanan di Pulau Sumba meliputi tantangan/masalah yang bersifat umum (dalam konteks yang meluas) dan khusus. Secara khusus, GKS menghadapi beberapa tangtangan/masalah yang terjadi baik pada aras jemaat maupun sinode. Beberapa masalah/tantangan itu antara lain:

Tantangan/masalah iman warga jemaat, yaitu adanya krisis iman warga jemaat. Persoalan ini sangat membutuhkan beberapa usaha penanganan seperti upaya pendasaran pembinaan iman melalui berbagai kegitan pembinaan baik oleh jemat maupun sinode, adanya pola dan instrumen pembinan yang bik, terarah dan memadai. Selain itu juga tantangan dalam pelayana yang terjadi di semua aras yaitu efektivitas pelayanan yang masih kurang karena adanya sejumlah kendala seperti: ratio antara pelayan dengan jemaat yang dilayani tidak seimbang, kendala sumber daya manusia dan ekonomi khususnya di jemaat pedesaan, pemahaman di jemaat tentang otoritas jemaat yang sangat kuat, ketergantungan pihak Sinode pada pihak Mitra Luar Negeri dalam membiayai berbagai kegiatan Sinode, belum ada kemandirian dana yang berasal dari jemaat-jemat se-GKS untuk kepentingan bersama secara sinodal, dan lain-lain.

Kontak kami

GKS berusaha membuka diri dan membangun komunikasi, informasi dengan berbagai pihak baik melalui surat-menyurat maupun telepon, fax atau e-mail.

Silikan kontak kami melalui sinode GKS beralamat

Jalan R. Soeprapto 23,

Waingapu - Sumba Timur

NTT 87113

telp (0387) 61342 Fax (0387) 62279

atau lewat email